SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA MENA DOU DENA, MBOTO KANGAMPU

Kamis, 22 Juli 2010

Ngaha Ndiha Usai Pilkada RT 04


DI tengah kondisi politik pemilukada yg 'tegang', rasa kebersamaan adalah hal yang perlu. Sebab, kondisi pemilukada kabupaten Bima 2010 silam, menyisahkan persoalan yang sangat akut.

Tidak bisa dihindari, hubungan kekeluargaan menjadi sedikir renggang akibat berbeda pandangan politik. Inilah yang coba dihindari oleh beberapa orang di RT.04 Dena. Mereka membuat acara syukuran dan makan bersama di tengah gang wilayah RT.04.

Menurut ketua RT.04, Mejo ba'i, acara ini sebagai syukuran bahwa masyarakat RT.04 bisa menjaga konsolidasi. "Walau ada yang berbeda pilihan, tapi tidak sampai wara ncao ro ngango" jelasnya.


Hal tersebut diamini oleh guru sari barewo, salah seorang tokoh RT.04. "Jangan karena berbeda membuat kita bertengkar" pinta kepala SMP Campa ini.

Lanjutnya, pemilukada bukanlah ajang untuk saling bertengkar atau membenci, tapi inilah demokrasi yang harus dihargai. "Ncao ro ngango bukanlah budaya ndai mbojo" tegas guru yang pernah lama mengabdi d SMPN Bajoe-Bone Sul-Sel.

Terlihat, antusias masyarakat RT.04 sangat tinggi. Selain merupakan hal yang baru, kegiatan ini juga sangat jarang dilakukan. "Biasanya sih hanya waktu puru timbu aja" pinta seorang warga. Walau hujan sempat mengguyur, tetapi semangat kebersamaan tetap tinggi. So, kataho dana ro rasa. (gus)

Tidak ada komentar: